VIEW GALLERY

All DAP

Kegiatan Alam Terbuka dan Kelestarian Alam

Oleh : P.6.21.278

Kelestarian alam sepatutnya kita jaga, banyak lembaga dan organisasi yang mengusung tema melestarikan alam dan lingkungan, seperti mapala-mapala dan organosasi lainnya. Sekarang sudah banyak dan sedang popular tentang kegiatan dialam bebas atau alam terbuka, baik itu bertamasya seperti hiking dan camping, atau berpetualang dengan mendaki gunung, memanjat tebing, offroad dsvb. Semua kegiatan itu menggunakan alam sebagai medianya namun apakah itu dapat melestarikan alam atau berimbas pada kerusakan alam? Tidak hanya di bidang kepecinta alaman, sekarang lembaga-lembaga pendidikan juga sudah banyak menggunakan alam sebagai medianya. Pecinta alam adalah sebuah organisasi yang bergerak didalam kepecinta alaman, membantu pelestarian alam dan pemanfaatan alam sebagai media kegiatannya. Sudahkah para penggiat alam terbuka tersebut memberi dampak dan hasil positif bagi kelestarian alam atau bahakan tidak ada efek yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar tentang kelestarian alam, sesuai dengan namanya pecinta alam yakni mencintai alam sudahkah kita mencintai alam?

Semakin banyak dan semakin digemarinya jenis petualangan dialam terbuka semakin banyak juga kekhawatiran dan pertanyaan atas bgaimana kelestarian lingkungannya? Semakin mengenal pada alam sekitar dengan pendidikan dialam terbuka sebagai pelestarian lingkungan, atau malah sebaliknya? Semakin banyaknya lahan hutan yang sudah terjamah oleh manusia, apakah hutan tersebut akan terjaga? Hal positif manakah yang akan kita tonjolkan, mendapat pengetahuan lebih tentang menjaga dan melestarikan alam atau dapat ilmu lebih untuk eksploitasi alam?

Alangkah baiknya kita bijak dalam memanfaatkan alam kita, bijak dalam pemanfaatan kebutuhan, berkegiatan, atau kepentingan pembelajaran dan penelitian, karena bagaimanapun alam kita akan berakhir… lestarilah alam sekitar selama-lamanya.

Avignam Jagat Samagram…